Template by:
Free Blog Templates

Jumat, 20 Mei 2011

Tips Optimalkan Windows XP

Mungkin Tips Optimalkan Windows XP ini bisa membantu PC kita yang semakin lama terasa semakin “lemot”. Ini bisa disebabkan oleh PC kita yang usianya sudah ribuan tahun bahkan jutaan tahun (hehe…) sehingga banyak file-file sampah yang berserakan di PC kita.

Jarangnya perawatan juga bisa menyebabkan PC kita “lemot” lho. Karena PC itu khan barang elektronik jadi butuh perawatan yang khusus. Berikut ini ada sedikit tips Optimalkan Windows XP

1. Bersihkan file Temporary, Cookies, History dan sampah-sampah lainnya. 
Cara pembersihannya ada 2, dengan cara manual yaitu hapus satu-satu file sampah dan cara otomatis yaitu pake tool CCleaner yang bisa membersihkan file sampah sampai ke akarnya. untuk mendownload CCleaner cari di mbah Google ya… :D

2. Defrag Hard Disk dengan tool bawaan dari Windows. 
Cara membukanya yaitu Start > All Programs > Accessories > System Tools >Disk Defragmenter. Defrag ini akan merapikan atau menyusun kembali file-file penting Windows ke tempat semula sehingga Windows tidak akan kesulitan dalam mencari file-file tsb.

3. Cek Hard Disk secara rutin 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. 
Error bisa menyebabkan adanya “Bad Sector” yang memakan kapasitas Hard Disk. Cara untuk mengecek Hard disk yaitu klik kanan di Hard Disk misal “local disk (C)" pada Windows Explorer lalu klik kanan dan pilih Properties > Tools > Error-checking. Maka Windows akan mendeteksi Error pada Hard Disk.

4. Kurangi Program-program yang terinstal di PC kita. 
Gunakan hanya program yang perlu dan sering kita gunakan. Jika pengurangan program itu tidak memungkinkan, Upgrade-lah RAM atau memory PC anda, tetapi dengan biaya yang agak mahal sich.

5. Nyalakan PC minimal 1 jam perhari. 
Ini dilakukan supaya komponen-komponen elektronik yang ada di monitor dan CPU tidak lembab. Jika lembab maka debu-debu yang menempel pada komponen tsb. bisa menyebabkan korosi.

Mungkin itu saja tips dari saya. Jika ada kesalahan saya mohon koreksi dari anda.
O iya... Jangan lupa komentarnya ya...

0 komentar: